Mahfud MD Ungkap Kekayaan Rafael Alun Trisambodo Capai Rp 56 Miliar Tak Sesuai Dengan Profil Pekerjaan

Mahfud MD Ungkap Kekayaan Rafael Alun Trisambodo Capai Rp 56 Miliar Tak Sesuai Dengan Profil Pekerjaan

Kolase : Rafael Alun Trisambodo (kiri), Mario Dandy Satrio duduk di depan mobil Rubicon yang kerap dia pamerkan di sosial media (kanan)-Kolase Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD turut mengomentari harta kekayaan milik ayah Mario Dendy, Rafael Alun Trisambodo yang mencapai Rp 56 Miliar. 

Mahfud mengatakan jika harta tersebut tak sesuai dengan profil pekerjaannya karena Rafael Alun Trisambodo merupakan pejabat pajak Eselon III Direktorat Jenderal Pajak (DJP). 

"Terkait dengan masalah kekayaan, tidak sesuai dengan profil pekerjaan yang bersangkutan," kata Mahfud MD di RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Februari 2023.

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi Hari Ini, Rabu 1 Maret 2023

BACA JUGA:Khalistan Rashtra

Mahfud menduga ada dugaan pencucian uang dalam kasus Rafael Alun Trisambodo yang terendus sejak tahun 2012.

"Saya punya suratnya dari Kejaksaan Agung dan dari PPATK itu sebenarnya tahun 2013, berdasar surat yang dibuat tahun 2012 dari Kejaksaan Agung dan 2013 PPATK sudah berkirim surat pada KPK tentang adanya beberapa hal yang diduga pencucian uang dan proses didapat yang tidak sah oleh saudara Alun," tuturnya.

Mahfud mengatakan, dirinya mengungkap hal itu bukan karena dasar ketidaksukaan atas kasus penganiayaan yang dilakukan anak Rafael, melainkan penegakan hukum.

BACA JUGA:1 Penumpang Wings Air Ditangkap karena Bercanda Soal Bom

BACA JUGA:Wow! Penjualan Jeep Rubicon Laris Manis di IIMS 2023

"Kita mau menegakkan hukum dan mendidik masyarakat di negeri ini agar tidak menjadi hedonis, berfoya-foya memanfaatkan kesempatan, tapi kita tegaskan," katanya.

"Sekarang masih diduga dan KPK akan mempelajari apakah dugaan itu perlu ditelusurikan kesangkaan itu, nanti kita lihat KPK pasti profesional dan harus profesional," tuturnya. 

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Rafael tercatat memiliki harta kekayaan yang fantastis, dengan total sebesar Rp 56 miliar. 

Adapun rinciannya yaitu sebanyak Rp 51,3 miliar dalam bentuk tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah. Aset lainnya adalah dua mobil yaitu Toyota Camry Sedan dan Toyota Kijang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: