4 Rest Area Favorit Trans Jawa, Mulai Bangunan Heritage Hingga Fasilitas Lengkap Manjakan Pemudik

4 Rest Area Favorit Trans Jawa, Mulai Bangunan Heritage Hingga Fasilitas Lengkap Manjakan Pemudik

Rest area juga telah dilengkapi dengan sarana prasarana mulai dari area bermain hingga menyediakan berbagai oleh-oleh untuk buah tangan pemudik. -KM456 Tol Semarang-Solo-

JAKARTA, DISWAY.IDRest area sepanjang Trans Jawa saat ini telah jauh berkembang dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan pemudik lebaran.

Tak hanya sekedar sebagai tempat mengisi bahan bakar kendaraan, namun rest area juga telah dilengkapi dengan sarana prasarana mulai dari area bermain hingga menyediakan berbagai oleh-oleh untuk buah tangan pemudik.

Saat ini terdapat 4 rest area favorit sepanjang trans Jawa Ruas Pajagan-Solo mulai dari KM260 Pejagan-Pemalang, KM360 Tol Batang-Semarang, KM429 Tol Semarang-Solo, KM456 Tol Semarang-Solo dengan beragam keunikan. 

BACA JUGA:Pilek Akut Sangat Mengganggu? Coba Redakan dengan 5 'Obat' Herbal Ini

BACA JUGA:Bingung Atasi Kolestrol Naik Usai Lebaran? 3 Cara Ampuh Ini Bisa Dicoba

Rest Area Heritage Km 260B Pejagan-Pemalang

Rest area ini merupakan salah satu yang sangat unik, di mana rest area ini merupakan pabrik gula Banjaratma yang disulap menjadi lokasi peristirahatan.

Pabrik gula Banjaratma dibangun pada tahun 1908 oleh N.V. Cultuur Maatschappij yang telah gulung tikar pada tahun 1997 dengan luas lahan 10,5 hektar.

Meskipun telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, namun bekas pabrik gula ini kemudian di menjadi sebuah salah satu rest area terbaik dengan berbagai kelebihannya serta mesih mempertahan struktur bangunan lamanya.

Berbagai fasilitas disiapkan pada Rest Area Heritage Km 260B Pejagan-Pemalang ini mulai dari seperti SPBU, area parkir yang luas, masjid, mushola, toilet, hingga kios makanan dan minuman. 

BACA JUGA:Ratusan Ribu Personel Diterjunkan Kapolri dalam Operasi Ketupat 2023

BACA JUGA:Ini Loh Makanan yang Bagus untuk Bantu Proses Bulking, Menambah Massa Otot Jadi Lebih Kuat!

Selain itu juga terdapat beberapa UKM yang menjual souvenir dan kuliner lokal seperti teh dan telur asin khas Brebes.

Salah satu yang menarik adalah masih dipertahankannya mesin penggiling tebu dan bekas tungku serta lokomotif tua dan air mancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: