Gila! Akses Internet Bandara Soetta Lebih Cepat 20 Kali Lipat dari 4G Setelah GunakanTelkomsel 5G

Gila! Akses Internet Bandara Soetta Lebih Cepat 20 Kali Lipat dari 4G Setelah GunakanTelkomsel 5G

Jaringan Telkomsel 5G kini hadir di Bandara Soetta-Angkasa Pura II-

TANGERANG, DISWAY.ID – Akses jaringan Telkomsel 5G ini tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Akses internet Bandara Soetta lebih cepat 20 lali lipat dari 4G setelah gunakanTelkomsel 5G dan saat ini terdapat di sejumlah titik di Terminal 3.

Nantinya jaringan ini akan terus dikembangkan secara bertahap sehingga jangkauannya akan semakin luas.

"Tentunya itu memberikan digital experience terbaik bagi traveler, pengunjung bandara maupun para staf di bandara,” ujar ujar Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, Minggu (20/3/2022).

“Itu sejalan dengan transformasi digital yang dijalankan PT Angkasa Pura (AP) II sejak 2016, dan bandara-bandara perseroan harus secara berkelanjutan mengembangkan infrastruktur digital dalam memberikan pelayanan," terangnya.

BACA JUGA:Ini Penyebab Lebak Selatan Sering Gempa dan Dirasakan Sampai Jakarta

Awaluddin juga mengatakan, untuk pada tahap awal, AP II dan Telkomsel mengembangkan kolaborasi berbasis teknologi 5G, antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner, dan 5G Solution di Bandara Soetta.

"Teknologi 5G membuat koneksi data lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan 4G, sehingga memberikan pengalaman baru ketika ingin mengunduh (download) sesuatu atau menonton streaming video,” jelasnya.

BACA JUGA:Merek Minyak Goreng Baru Bermunculan, dari Omicron Sampai Buaya Sungai

“Di samping itu teknologi 5G juga memungkinkan untuk penggunaan Augmented Reality dan Virtual Reality dengan lancar dan baik," tambahnya.

Keberadaan jaringan Telkomsel 5G di Terminal 3 juga mendapat respons positif dari traveler maupun staf bandara.

Tokoh telekomunikasi Indonesia yang juga pendiri IndoTelko Forum, Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Indonesia Digital Society Forum (IDSF), Doni Ismanto Darwin, mengatakan kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soetta sangat membantu aktivitas traveler.

BACA JUGA:Pemerintah Tak Bisa Terbitkan Label Halal Tanpa Ketetapan Fatwa MUI

"Surprised ketika akan berangkat ke Lombok pada Kamis, 17 Maret lalu, ketika menuju Boarding Gate 11 melihat ponsel sinyal bar berubah menjadi 5G dari biasanya 4G,” ungkap Doni Ismato Darwin.

“Seperti biasa saya selalu memilih tempat favorit di depan jendela sembari melihat pesawat yang sedang parkir. ketika langsung mencoba layanan 5G di gate 11 yang sangat joss, tidak ada lag untuk streaming video maupun untuk download data pekerjaan," paparnya.

Baginya, akses 5G sangat membantu menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu keberangkatan penerbangan.

BACA JUGA:Penentuan Hilal Awal Ramadan 2022 pada Jumat, 1 April

"Kehadiran 5G di Soetta benar-benar menjadi simbolisasi transformasi digital oleh Angkasa Pura II," imbuh Doni.

Seperti diketahui, saat dilakukan speed test, kecepatan Telkomsel 5G di Terminal 3 Bandara Soetta dapat tembus kecepatan download hinggan 237 Mbps atau lebih cepat berkali-kali lipat dari 4G yang sekitar 16 Mbps.

BACA JUGA:Sudah Tersebar 400 Titik SWAP Poin, Pakai Motor Listrik Smoot Gak Perlu Khawatir Kehabisan Baterai

Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di Bandara Soetta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan.

 

,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: