SYL dan Kapolrestabes Semarang Diperiksa di Bareskrim, Kasus Dugaan Pemerasan oleh Firli Bahuri

SYL dan Kapolrestabes Semarang Diperiksa di Bareskrim, Kasus Dugaan Pemerasan oleh Firli Bahuri

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya terus lakukan penyidikan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID- Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diperiksa sebagai saksi dalam kasus pemerasan oleh Pimpinan KPK, Firli Bahuri

Penyidik Gabungan Polda Metro Jaya SYL di Gedung Bareskrim, pukul 13.10 WIB.

SYL akan diperiksa Tim Gabungan Polda Metro Jaya (PMJ) dan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor).

BACA JUGA:Sosok Jenderal TNI Agus Subiyanto, Pati TNI AD Dengan Karier Militer Tercepat Jadi Panglima TNI

Polisi mengatakan, SYL tidak akan sendiri dalam menjalani pemeriksaan hari ini. 

Dua saksi lainnya turut diperiksa, yaitu Muhammad Hatta (Direktur Alat dan Mesin Pertanian Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan), serta Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar.

"Ada (saksi) MH dan IA," kata Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Kombes Arief Adhiharsa kepada wartawan, Selasa 31 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Firli Bahuri Minta Sidang Etik 8 November, Dewas KPK : Kelamaan...

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan juga mengonfirmasi pemeriksaan terhadap SYL dengan bertempat di Bareskrim Mabes Polri, bukan di Polda Metro Jaya.

"Dittipidkor Bareskrim memfasilitasi keperluan dan permintaan penyidik PMJ terkait dengan alasan teknis. Kesiapan ruangan, penyidik dan alasan teknis lainnya," kata Brigjen Ramadhan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri diduga memeras SYL saat menjabat menteri pertanian. Kasus ini sedang dalam proses penyidikan oleh Polda Metro Jaya.

BACA JUGA:Polisi Periksa 4 Tetangga Firli Bahuri di Bekasi, Ada Sosok Purnawirawan

Dugaan itu, diperkuat dengan beredarnya foto Firli berbincang dengan SYL di suatu lapangan badminton. Tepatnya, ketika SYL belum ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. 

Firli telah mengaku bertemu dengan SYL, sebelum KPK memulai penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Pengakuan ini disampaikan Firli dalam pemeriksaan di Bareskrim Polri, pada Selasa 24 Oktober 2023.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: