Wapres KH Ma`ruf Amin Salam Tiga Jari di HUT ke-51 PDI Perjuangan, Reaksi TKN Biasa Saja

Wapres KH Ma`ruf Amin Salam Tiga Jari di HUT ke-51 PDI Perjuangan, Reaksi TKN Biasa Saja

Wapres KH Ma`ruf Amin salam metal saat HUT ke-51 PDI Perjuangan.-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Wakil Presiden RI KH Ma`ruf Amin menjadi sorotan lantaran ikut salam tiga jari atau menunjukkan salam metal saat menghadiri HUT ke-51 PDI Perjuangan.

Salam tiga jari yang identik dengan simbol dukungan terhadap Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tersebut, ditunjukkan Ma`ruf Amin di tengah prosesi potong tumpeng bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bersama mereka, Ganjar Pranowo, Prananda Prabowo, dan Puan Maharani.

BACA JUGA:Hadiri Acara di Malaysia, Wapres Ma`ruf Amin Ingatkan Bisnis Halal Mampu Persatukan Negara-Negara Muslim

Kehadiran Ma`ruf Amin menggantikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang tidak diundang, karena sedang kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi memastikan Ma'ruf Amin bersikap netral di Pilpres 2024.

Salam metal yang ditunjukkannya, disebut tak bisa otomatis dipersepsikan sebagai bentuk dukungannya kepada Ganjar.

Masduki mengatakan, salam metal menunjukkan Ma'ruf menghormati tuan rumah yakni PDI Perjuangan yang sedang memperingati HUT ke-51.

"Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP, metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai," ujarnya.

BACA JUGA:Akhirnya Pengganti KH Marzuki Mustamar Terjawab, Cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy`ari Jadi Pj Ketua PWNU Jawa Timur

Sementara Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid tidak ambil pusing dengan gestur salam tiga jari yang ditunjukkan Wapres Ma`ruf Amin di acara PDI Perjuangan.

Bahkan pihaknya tidak mempermasalahkan apabila Wapres Ma'ruf Amin memberikan dukungan terhadap salah satu calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Kami hormati hak politik Pak Wapres Kiai Ma'ruf soal apa itu salam metal di HUT PDIP. Itu tidak masalah bagi kami," kata Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis 11 Januari 2024.

Nusron menjelaskan pihaknya tidak akan menyikapinya, karena dianggap biasa saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: