Presiden Jokowi Resmikan Dua Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu, Total Biaya Rp233 Miliar

Presiden Jokowi Resmikan Dua Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu, Total Biaya Rp233 Miliar

Presiden Joko Widodo Resmikan Dua Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu pads Rabu, 27 Maret 2024 -Dok.Kemenhub-

Dengan lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan dermaga sepanjang 150 meter, Trestle (jalan/akses dari dermaga menuju darat) sepanjang 28 meter, gedung kantor, garasi kapal negara, serta Masjid. 

“ Dengan dilakukannya pembangunan ini, maka Pelabuhan Wani memiliki kapasitas layanan kargo sebesar 82.000 ton per tahun dan dapat melayani kapal terbesar 6.000 DWT (Deadweight Tonnage),” jelas Budi Karya. 

Sedangkan untuk Pelabuhan Pantoloan, pembangunan dimulai sejak tanggal 30 September 2021 sampai 22 November 2022. 

Dengan lingkup pekerjaannya meliputi rehabilitasi trestle sepanjang 93 meter, pembangunan dermaga sepanjang 169 meter, perpanjangan struktur atas dermaga, serta gedung kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) seluas 1.500 meter persegi. 

BACA JUGA:BPTJ Pastikan Kesiapan Standar Pelayanan Minimum di Stasiun Pondok Rajeg

BACA JUGA:Timnas AMIN Pihak Pertama yang Menyampaikan Permohonan di Sidang Perdana PHPU Pilpres

Saat ini, pelabuhan tersebut mampu melayani kapal terbesar 30.000 DWT, dengan kapasitas layanan peti kemas sebesar 160.000 Twenty-foot Equivalent Unit (TEUs) per tahun. 

Budi Karya juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkontribusi besar dalam merealisasikan pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi laut di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Tengah.

(Ayu Novita)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: