Jamaah Haji Indonesia Antusias Ikuti Kajian Ustaz asal Riau di Masjid Nabawi

Jamaah Haji Indonesia Antusias Ikuti Kajian Ustaz asal Riau di Masjid Nabawi

Ustaz Ariful Bahri saat mengisi kajian setelah saat Magrib di Masjid Nabawi, Madinah Al Munawarah, Sabtu, 25 Mei 2024. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Sebagian jamaah haji Indonesia berebut salat Magrib di area pintu 19 Masjid Nabawi, Madinah Al Munawarah. Setiap hari, setelah salat Magrib, ada kajian rutin berbahasa Indonesia di sana. Yang menyampaikan kajian juga Ustaz dari Indonesia.

Ustaz Dr Ariful Bahri MA merupakan salah satu Ustaz pengisi kajian tetap di Masjid Nabawi. Sudah 5 tahun atau sejak 2019, pria asal Riau ini ditunjuk oleh Masjid Nabawi untuk menjadi pengisi kajian. 

"Libur kalau pas sakit atau ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan," kata Ariful Bahri saat berbincang dengan tim Media Center Haji setelah salat Isya di Masjid Nabawi, 25 Mei 2024. 

BACA JUGA:Jamaah Haji Wajib Pakai Smart Card saat ke Arafah Muzdalifah dan Mina, Ini Alasannya

BACA JUGA:Lengkapnya Persiapan Tukinah Berangkat Haji, Dari Bumbu Pecel hingga Mustofa

Dua kali tim MCH mengikuti kajian Ustaz Ariful Bahri di Masjid Nabawi. Ia membahas soal manasik haji. Kajiannya berseri. Mulai dari bagaimana rukun dan wajib haji dijalankan di zaman Rasulullah. Tentang larangan-larangannya serta soal pembayaran dam. 


Kajian berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi, Madinah, oleh Ustaz Ariful Bahri. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Jamaah tidak akan merasa ketinggalan saat mengikuti kajian meskipun tidak ikut kajian di hari sebelumnya. Sebab, Ustaz Ariful Bahri akan me-review materi sebelumnya di awal kajian. 

Peserta kajian sore itu 300 orang lebih. Selain jamaah haji Indonesia, juga ada jamaah haji dari Malaysia dan Singapura. Ustaz Ariful Bahri duduk di kursi mimbar. Jamaah  melingkarinya. 

Saking banyaknya jamaah yang ingin mengikuti kajian, askar (petugas keamanan) sampai sibuk mengatur jamaah. Sebab, jamaah meluber sampai memenuhi jalur jamaah yang akan keluar dan masuk ke masjid.


Jamaah haji Indonesia mengikuti kajian berbahasa Indonesia di pintu 19 Masjid Nabawi, Madinah, 25 Mei 2024. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Di akhir ceramah, Ustaz Ariful Bahri menjawab pertanyaan-pertanyaan dari jamaah. Pertanyaan itu ditulis jamaah di secarik kertas dan diserahkan saat Ustaz Ariful Bahwi berceramah. Ceramah berhenti beberapa menit menjelang azan Isya. 

BACA JUGA:Haji Ramah Lansia Bukan Sekadar Slogan, Ini Faktanya

BACA JUGA:Jamaah Haji Lansia Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Jasa Dorong Kursi Roda yang Resmi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: