Korlantas Polri Siapkan SKKNI untuk Keselamatan Berlalulintas

Korlantas Polri Siapkan SKKNI untuk Keselamatan Berlalulintas

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi saat mengecek jalur mudik.--korlantas.polri.go.id

JAKARTA, DISWAY.ID-Untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, Korps Lalulintas (Korlantas) Polri terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya sedang menyiapkan beberapa program keselamatan berlalulintas.

Beberapa program yang masuk ke dalam Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) tersebut di antaranya Kampanye Keselamatan Berlalu lintas, Road Show Road Safety Action untuk komunitas, dan Road Safety Action Award.

“Untuk kegiatan tersebut masih direncanakan. Baru dibahas sekitar bulan September,” ujarKasubdit Standar Cegah dan Tindak, Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Muhammad Tora kepada Disway.id, Selasa 21 Juni 2022.

Kombes Pol Tora juga menjelaskan, tujuan dari program tersebut adalah bertujuan untuk memberikan edukasi tentang keselamatan berlalulintas di jalan, menurunkan pelanggaran lalulintas, menekan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

BACA JUGA:Kakorlantas Minta Maaf Soal Imbauan Pemotor Tak Pakai Sandal Jepit, Ini Alasannya

“Mendorong stake holder pemerintah daerah sampai tingkat desa menjadi daerah yang tertib berlalulintas dan bersama-sama mewujudkan keselamatan berlalulintas sebagai budaya bangsa dan sebagai kebutuhan kita semua,” jelasnya.

SKKNI adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:Korlantas Polri Kenalkan Striping Baru di Kendaraan, Tidak Ada Lagi Warna Merah, Ini Maknanya

SKKNI bertujuan untuk menekan fatalitas korban kecelakaan yang sering diakibatkan oleh angkutan jasa orang dan barang.

Dengan seseorang memiliki kemampuan sesuai Standar Kompetensi tersebut, maka yang bersangkutan akan mampu:

1. Bagaimana mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan;

2. Bagaimana mengorganisasikanya agar pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan;

3. Apa yang harus dilakukan, bilamana terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula;

4. Bagaimana menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah atau melaksanakan tugas dengan kondisi yang berbeda;

Sumber: