Pernyataan Tegas Eks Kabareskrim Soal Senjata Glock 17 yang Digunakan Bharada E: Pengalaman Saya dulu...

Pernyataan Tegas Eks Kabareskrim Soal Senjata Glock 17 yang Digunakan Bharada E: Pengalaman Saya dulu...

Pengakuan Eks Kabareskrim Ito Sumardi Soal Senjata Glock 17 yang Digunakan Bharada E--Tangkapan layar/YouTube Polisi Ooh Polisi

Gaston Glock membuat Glock 17 untuk kebutuhan militer dan penegak hukum Austria.

Pistol ini resmi digunakan Angkatan Darat Austria pada 1983. Setelah itu, pada 1984, pistol ini lulus uji ketahanan NATO.

Usai lulus uji ketahanan NATO, pistol ini mulai digunakan oleh negara lain, di antaranya adalah Norwegia. 

Glock 17 juga tak memiliki sistem keamanan memadai yang hanya memiliki pengamanan internal, yakni seperti firing pin dan drop safeties. Ketika pemicu disentuh, seketika itu juga peluru muntah. 

Glock 17 adalah salah satu jenis senjata api yang digunakan polisi dan personel militer di seluruh dunia.

Pistol Glock 17 diketahui memiliki kapasitas magasin 17 peluru dan bobotnya yang rendah.

Bicara spesifikasi, pistol Glock 17 memiliki kaliber 9x19 mm dengan sistem tindakan aman dan kapasitas magasin standar 17, opsional 19, 24, 31, dan 33.

Lalu bicara panjang barrel pistol Glock 17 mempunyai 114 mm/4.49 inch. Soal berat, Glock 17 tanpa magasin hanya 625 g/22.05 oz.

Jika magasin kosong, berat Glock 17 mencapai 705 g/24.87 oz dan ketika magasin berisi beratnya bisa 915 g/3.28 oz. Untuk trigger pull GLock 17 tercatat 28 N.

Diketahui generasi pertama pistol Glock tersebut terbuat dari bahan polymer ringan dan memiliki jarak tembak efektif sejauh 50 meter. Sedangkan untuk kecepatan pelurunya ialah 375 m/s.

Bahan baku dari polymer meski diterima oleh militer Austria, Glock 17 juga sempat ditolak oleh pasar karena dianggap sebagai 'pistol mainan'.

Hal itu karena bahan bakunya dari polymer sehingga pistol ini menjadi ringan seperti pistol plastik.

Selain itu banyak juga penegak hukum yang khawatir Glock 17 tidak terdeteksi oleh alat sensor di bandara karena bahan polymer tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: