Syeikh Abdul Qadir Jailani dan Kritik-kritik Politiknya

Syeikh Abdul Qadir Jailani dan Kritik-kritik Politiknya

KH Imam Jazuli Lc--

Ketiga, tentang hal-hal yang menghancurkan hidup manusia, seperti penjelasan tentang hati manusia, latihan jiwa dan akhlak, keburukan akibat syahwat, keburukan karena lidah, dengki, iri, meri, terlalu cinta duniawi, kikir dan buruknya cinta harta. 

Keempat, tentang hal-hal yang menyelamatkan manusia; taubat, shabat, syukur, raja', khauf, fakir, zuhud, tauhid, tawakkal, mahabbah, syauq, ridha, unsu, niat, jujur, dan ikhlas (Abdul Qadir Jailani, al-Ghunyah, Muassasah 'Izzuddin, 1992: 101).

Tujuan pendidikan Syeikh Abdul Qadir tersebut terbukti berhasil, terlihat dari terbentuknya generasi sholeh-sholehah yang terjun ke dunia politik dengan mendukung perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi.  Misalnya, tercatat sekitar 800 alumni Madrasah Syeikh Abdul Qadir terdiri dari kaum perempuan. Mereka menjabat posisi sebagai pembuat fatwa di Syam, terutama pada masa Shalahuddin al-Ayyubi (Majid al-Kailani, Hakadza Zhahara Jailu Shalahuddin wa Hakadza 'Asyat al-Quds, Dar al-Qalam, 2002: 251). 

Dengan kata lain, generasi yang mendukung perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi adalah hasil kaderisasi Syeikh Abdul Qadir Jailani. (*)

*) Penulis adalah Alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri; Alumni Universitas Al-Azhar, Mesir, Dept. Theology and Philosophy; Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia, Dept. Politic and Strategy; Alumni Universiti Malaya, Dept. International Strategic and Defence Studies; Pengasuh Pondok Pesantren Bina Insan Mulia, Cirebon; Wakil Ketua Pimpinan Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah (Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia); Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Periode 2010-2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait