Apoteker Ungkap Fungsi Etilen Glikol Dalam Obat Sirup

Apoteker Ungkap Fungsi Etilen Glikol Dalam Obat Sirup

Nur Chasanah, tips jaga kesehatan dari ginjal pada anak salah satunya berikan air putih yang cukup sejak usia dini dan jangan dehidrasi.-Bambang Dwi Atmodjo-

Bukan hanya obat yang mengandung sirup parasetamol tapi semua jenis obat jika dosisnya melebihi batas menjadi suatu hal yang tidak baik.

BACA JUGA:Jokowi: Pilih Capres Jangan Sembrono, Sindir Surya Paloh Nih?

BACA JUGA:Irjen Teddy Minahasa 'Melawan' Saat Diperiksa 14 Jam Sebagai Tersangka di Polda Metro Jaya

“Misalnya Pasien A dia minum obat bermacam-macam, semakin lama dia minum pasti fungsi ginjalnya menurun bukan rusak, pasti ada fungsi ginjal yang menurun. Pasien-pasien yang bergejala gangguan ginjal harus mengecek fungsi ginjalnya kepada dokter,” lanjutnya.

Zat kimia yang terdapat di Etilen Glikol tidak langsung merusak ginjal, tapi ada prosesnya yaitu penurunan fungsi ginjal, dan yang perlu diketahui paracetamol itu tidak larut dalam air.

“Sebenarnya tidak langsung membuat ginjal rusak, tapi fungsi ginjal perlahan akan menurun,” ujarnya.

“Etilen Glikol ini kan merupakan suatu zat. Dalam pembuatan paracetamol itu sendiri, Etilen Glikol berfungsi untuk melarutkan paracetamol murni yang berbentuk Kristal, kemungkinan masih terbawa dan batasan melebih standar,” katanya.

BACA JUGA:Indonesia Gawat Darurat, Menkes Sebut Kasus Gagal Ginjal Akut Melonjak Tajam: Awalnya Nggak Pernah Tinggi

BACA JUGA:PSSI Bentuk Tim Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia

“Saat ini marak yang mengandung Etilen Glikol itu sirup, jadi saat zat murni parasetamol ini tidak larut dalam air, dia akan larut dalam alkohol dan lain-lain,” lanjutnya.

Nur mengimbau kepada orang tua, jika anak mengalami demam yang sangat tinggi harus segera dikonsultasikan oleh dokter dan nanti dokter akan merekomendasikan obat yang aman untuk digunakan.

“Intinya jika anak mengalami demam yang tinggi segera dikonsultasikan oleh dokter, nanti disitu dokter merekomendasikan obat yang aman untuk diminum oleh anak,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: