4 Isu Ini Bakal Jadi Prioritas Kerjasama Indonesia - Jepang

4 Isu Ini Bakal Jadi Prioritas Kerjasama Indonesia - Jepang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berbincang dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Mr. Ken Saito-dok.Kemenperin-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Indonesia dan Jepang saling mendukung dan sama-sama memetik keuntungan dalam kerja sama di sektor industri. 

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah yang panjang dalam mendukung industrialisasi di Indonesia dengan membawa investasi sektor industri manufaktur ke dalam negeri.

Di sisi lain, Jepang menilai Indonesia sebagai negara yang penting dalam rantai pasok industri.

BACA JUGA:Program Legitimasi Tanah Wakaf, Masjid Araafiul A'laa Resmi Miliki Sertipikat Elektronik dari AHY

BACA JUGA:Kemenperin: Demi kejayaan industri Tekstil Nasional, Jangan Korbankan Industri Tekstil Demi Industri Elektronik dan Pembuatan Microchip

Hal tersebut mengemuka pada pertemuan, antara Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Mr. Ken Saito di Tokyo, pada Jumat (21/06).

Dalam kesempatan tersebut, Menperin menyampaikan beberapa isu penting yang perlu dibahas bersama METI dalam rangka meningkatkan kerja sama Indonesia dan Jepang di sektor industri. 

Pertama, terkait dengan transisi energi. Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida telah membahas proyek prioritas di bidang transisi energi dalam kerangka Asia Zero Emission Community (AZEC) pada Desember 2023 lalu di Jepang. 

Menperin mencatat adanya perkembangan terkait implementasinya dan menyambut baik langkah-langkah yang telah ditempuh. 

Kedua, Menperin mendorong penyelesaian perundingan substantif Protokol Perubahan IndonesiaJapan Economic Partnership Agreement (IJEPA). 

BACA JUGA:Target Pencatatan Tanah Elektronik, Menteri ATR/ BPN: Sudah 113,5 Juta dari 120 juta Bidang Tanah

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat Elektronik di Kubu Raya, Langkah Awal Penerapan Modernisasi Agraria di Kalbar

Saat ini, dalam kerangka IJEPA, kedua negara sudah menyelesaikan perundingan substantif Protokol Perubahan IJEPA. 

Menurut Menperin, IJEPA sangat penting dan strategis bagi kedua negara, termasuk dalam hal ini program kerja sama New MIDEC (Manufacturing Industry Development Center).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: