500 Prajurit 'Hantu Laut' Dikerahkan Untuk Bantu Korban Gampa Bumi Cianjur, Siapkan Rumkitlap

500 Prajurit 'Hantu Laut' Dikerahkan Untuk Bantu Korban Gampa Bumi Cianjur, Siapkan Rumkitlap

TNI AL kerahkan 500 personel untuk membantu korban gempa di Cianjur-twitter @_TNIAL_-

JAKARTA, DISWAY.ID-- 400 personel “ Hantu Laut “ dari TNI Angkatan Laut diterjunkan untuk membantu evakuasi bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

TNI Angkatan Laut (AL) sendiri mengerahkan 500 prajurit Korps Marinir untuk membantu evakuasi , 100 prajurit di antaranya sudah diberangkatkan sejak Senin malam, 21 Nopember 2022. 

BACA JUGA:Momen Perdana Supir Ambulans Jenazah Brigadir J Bertemu Ferdy Sambo di Persidangan, Syahrul: Belum Pernah Lihat!

BACA JUGA: 7 Macam-macam Buah Diklaim Bisa Cegah Penyakit Jantung, Buruan Dicoba Yuk

400 prajurit dari satuan berjuluk "Hantu Laut"  hari ini, Selasa 22 Nopember 2022 diberangkatkan dengan menggunakan 25 truk yang dilepas langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta.

" Hari ini kita memberakatkan 400 prajurit dan personel yang akan membantu evakuasi maupun pencarian korban, juga akan membantu sarana prasarana rusak seperti telepon, jalan rusak sehingga bisa digunakan kembali karena ini masih tanggap darurat," kata Yudo.

BACA JUGA:Ali Mochtar Ngabalin Sebut Presiden Siap Ganti Panglima TNI, Tinggal Tunggu Waktu

BACA JUGA:Susno Duadji Bocorkan Pemicu Tambang Ilegal Menjamur saat Nama Komjen Agus Mencuat: 'Menteri ESDM Seolah-olah Lepas Tangan'

Yudo melanjutkan, TNI Angkatan Laut  telah mengirimkan 38 personel dari tim kesehatan yang di antaranya terdapat dokter bedah, umum, tulang, dan anestesi. Selain itu, TNI AL juga akan mendirikan rumah sakit lapangan yang akan dibangun oleh Korps Marinir.

Rumah sakit lapangan sendiri bisa menampung sekitar 100 pasien. 

Rumkitlap (rumah sakit lapangan) bisa merawat 100 pasien, tempat tidurnya di situ, ada bedah operasi, ICU, ada semua nanti menggunakan kendaraan daruratnya yang bisa terbuka sendiri itu.

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut, Senin Malam 21 Nopember 2022 memberangkatkan Tim Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Korps Marinir di Cianjur, Jawa Barat.

BACA JUGA:Belum Kelar Urusan Ronaldo, Manchester United Dilanda Masalah Pertengkaran yang Libatkan Martial

BACA JUGA:Remaja Tewas Mengenaskan Gegara Bikin Konten Stop Truk, Terseret Hingga Puluhan Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: