Perang Dunia III Viral Buntut Serangan Iran ke Israel, Netanyahu Rapat Mendadak

Perang Dunia III Viral Buntut Serangan Iran ke Israel, Netanyahu Rapat Mendadak

Rapat Mendadak Kabinet Perang Israel-Netanyahu memimpin rapat atas serangan Iran-Menteri Pertahanan Israel/CNN

JAKARTA, DISWAY.ID – Perang dunia III menjadi trending topik di X.

Netizen khawatir serangan Iran ke Israel sebagai pembalasan atas ledakan di Konsulat Jenderal Damaskus Suriah pada waktu lalu, akan berujung perang dunia III.

Dikutip dari akun X, sejumlah netizen mengkhawatirkan PD III bisa terjadi.

BACA JUGA:Ribuan Warga Iran Turun ke Jalan Rayakan Serangan ke Israel, 'Matilah Israel dan Amerika'

“Breaking News. Perang Dunia III segera dimulai:

 

Di Arab; Iran, Yaman, Lebanon, Suriah, Irak vs Israel (NATO)

Di Eropa; Rusia vs Ukraina (NATO)

Di Asia; China vs Taiwan (NATO), Korea Utara vs Korsel (NATO),” tulis netizen.

“Drone Iran telah tiba di Israel Tel Aviv, menembakkan rudal kesasarannya.Jika AS langsung menyerang IRAN, dan Rusia mendukung Iran, maka secara resmi kita dapat menyatakan bahwa perang dunia III di mulai ?” tulis netizen.

 

“Setelah peluncuran drone bunuh diri oleh #Iran menuju #ısrael,Yaman juga meluncurkan rudal ke Israel. Tel Aviv dalam keadaan siaga tinggi dan Iron Dome siap. Perang Dunia III atau bukan, namun hal ini pasti akan berdampak pada harga minyak dunia. Hari"sulit di depan bagi kita!” tulis netizen.

BACA JUGA:Ruang Wilayah Penerbangan Udara di Seluruh Timur Tengah Ditutup, Imbas Iran Serang Israel

Dikutip dari CNN, Iran melancarkan serangan bertubi-tubi ke arah Israel.

Timur Tengah semakin terjerumus ke dalam situasi yang tegang setelah Iran meluncurkan puluhan rudal dan drone dari wilayahnya menuju Israel dalam serangan lima jam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Sebagian besar rudal dicegat di luar wilayah Israel oleh sistem pertahanan udara,” kata militer Israel.

“Belum ada laporan mengenai korban luka yang diderita secara langsung akibat serangan Iran,” menurut layanan darurat Israel.

BACA JUGA:Perang Iran dan Israel Pecah, Teriakan Takbir Iringi Peluncuran Ratusan Roket dan Drone Kamikaze ke Negara Zionis

Kementerian luar negeri Iran mengatakan serangan itu merupakan pembalasan atas serangan mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, awal bulan ini.

Presiden Joe Biden menegaskan AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi ofensif apa pun terhadap Iran, menurut seorang pejabat senior pemerintahan. Namun dia mengatakan komitmen Washington terhadap keamanan Israel terhadap ancaman Iran masih sangat kuat.

“Pasukan AS mencegat lebih dari 70 drone dan setidaknya tiga rudal balistik,” menurut para pejabat AS.

Penilaian AS adalah bahwa sebagian besar serangan Iran tidak berhasil.

BACA JUGA:Khawatir Serangan Udara Iran ke Israel, Qantas Batalkan Penerbangan Perth London

Warga Israel Panik

Para pejabat Israel meminta warganya untuk tidak panik dan berhati-hati ketika Iran meluncurkan puluhan drone ke arah Israel, menurut CNN.

Sekolah, universitas, dan kamp ditutup di Israel, dan ada larangan berkumpul lebih dari 1.000 orang.

“Semua orang di sini didesak untuk tetap memperhatikan berita, menggunakan ponsel mereka dan memperhatikan apa yang diperintahkan,” lapor CNN.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan sebelumnya pada hari Sabtu bahwa kegiatan pendidikan di Israel akan ditangguhkan dan akan ada pertemuan terbatas di tengah kekhawatiran akan serangan dari Iran.

BACA JUGA:Korps Garda Revolusi Iran Sita Kapal Kontainer Israel di Selat Hormuz, Setelah Ancam Tutup Jalur Laut

Netanyahu Rapat Mendadak

Rapat kabinet perang kini diadakan di markas besar Pasukan Pertahanan Israel di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, menurut pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel.

Israel memperkirakan lebih dari 100 drone diluncurkan oleh Iran, kata pejabat militer Israel.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memutuskan untuk mengadakan kabinet perang yang diikuti dengan kabinet keamanan yang lebih luas di tengah antisipasi serangan balik dari Iran, menurut laporan media Ibrani dikutip dari Times of Israel.

BACA JUGA:Puluhan Rudal Iran Tak Mampu Dipatahkan Iron Dome, Tel Aviv hingga Hebron Penuh Kobaran Api

Kabinet keamanan diharapkan memberi wewenang kepada Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dan menteri kabinet perang Benny Gantz untuk membuat keputusan sendiri mengenai bagaimana menanggapi serangan Iran.

Israel memperkirakan Iran telah meluncurkan lebih dari 100 drone, menurut seorang pejabat militer Israel. Tempat penampungan umum telah dibuka di kota Haifa, Israel utara.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnn