5 Penyebab Sulit Tidur, Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

5 Penyebab Sulit Tidur, Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

Waktu yang Tepat untuk Tidur di Malam Hari--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Kualitas tidur seseorang terkadang kurang baik sehingga berpengaruh kepada aktivitas hariannya.

Salah satu yang jadi perhatian adalah seringnya mengalami insomnia atau kesulitan tidur malam hari.

Ternyata penyebab kualitas tidur kurang baik bisa jadi karena gaya hidup tidak sehat, sedang stres, cemas, atau mengalami penyakit kronis, maka bisa saja ia jadi sulit tidur atau kualitas tidurnya menurun.

Jika terjadi secara terus menerus, ini akan membuat tubuh menjadi tidak berenergi, sulit konsentrasi, sistem kekebalan tubuh menurun, hingga terganggunya fungsi otak.

BACA JUGA:Michael Owen Dapat Kado Istimewa dari Rafathar, Isinya Buat Raffi Ahmad dan Eks Liverpool Tertawa

Namun anda jangan khawatir, ada sejumlah tips yang bisa membuat kualitas tidur anda menjadi membaik.

Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah tipsnya yang harus diketahui.

1. Buat rutinitas sebelum tidur

Jika kamu sering main ponsel sebelum waktu tidur, coba deh kurangi kebiasaan tersebut. Soalnya, cahaya biru yang dipancarkan layar gadget dapat mengurangi kadar hormon melatonin dalam tubuh. Alhasil, tubuh akan tetap terjaga dan menjadi susah tidur.

BACA JUGA:Sepak Terjang Komjen Agus Andrianto, Jenderal Bintang 3 yang Nekat Kasih Ancaman Hukuman Mati ke Ferdy Sambo

2. Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Suasana tidur yang nyaman akan membuatmu tidur lebih nyenyak. Kamu bisa matikan lampu atau batasi penerangan dengan lampu tidur saja ketika tidur. Hindari tidur dengan suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin. Bila perlu, gunakan penyumbat telinga kalau lingkungan kamarmu terlalu bising.

3. Buat pola tidur yang teratur

Agar kualitas tidur meningkat, hentikan memulai kegiatan yang bisa membuatmu begadang hingga larut malam. Sebisa mungkin, kamu pergi tidur dan bangun tidur di waktu yang sama serta cukupi waktu tidur yang ideal. Kebiasaan ini akan melatih otak untuk membentuk ritme tidur yang konsisten.

Sumber: