Catat Waktu Tidur yang Baik Demi Jaga Kesehatan Tubuh, Jangan Lewat dari Jam Ini Loh Ya!

Catat Waktu Tidur yang Baik Demi Jaga Kesehatan Tubuh, Jangan Lewat dari Jam Ini Loh Ya!

Catat Waktu Tidur yang Baik Demi Menjaga Kesehatan Tubuh---Freepik

Menurut penelitian, tidur dapat mengontrol emosi yang sedang terjadi di dalam tubuh kita. Bahkan tubuh jadi bisa merespons sampai mengendalikan emosi buruk sebesar 60  persen.

- Mencegah Gemuk Berlebih

Pasti ada banyak yang tidak percaya bahwa tidur bisa mencegah kegemukan. Tidur yang teratur dan cukup, pengontrolan hormon kortisol sehingga tidak terlalu tinggi. Selain itu, nafsu makan yang dimiliki juga bisa dengan mudah kita kendalikan.

- Menstabilkan Ritme Sirkadian

Ritme Sirkadian atau perubahan fisik, mental, dan perilaku yang mengikuti siklus selama 24 jam, bisa distabilkan dengan mendapatkan tidur yang teratur dan cukup. Dengan stabilnya siklus yang kita alami, tubuh akan melakukan metabolisme lebih cepat, daya tahan tubuh kita meningkat, dan yang terbaik adalah tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit.

BACA JUGA:Jangan Pernah Merokok Setelah Bangun Tidur, Bahayanya Fatal Banget!

Berbagai manfaat di atas, bisa kita dapatkan apabila kita mengatur pola tidur hingga mendapatkan durasi tidur yang cukup dan rutin. 

Namun kenyataannya, masih ada banyak orang yang menganggap remeh tidur. Padahal hal tersebut bisa menimbulkan banyak masalah dalam tubuh.

Kebanyakan dari mereka, memiliki alasan bahwa tidur yang lama hanya membuang – buang waktu saja dan tidak efektif.

Biasanya orang yang sering mengabaikan waktu tidur ialah pekerja keras yang sampai memakai waktu tidur di malam hari untuk bekerja.

BACA JUGA:Selain Kurang Tidur Inilah Penyebab Kantung Mata Menghitam dan Cara Mengatasinya

Selain itu, hal serupa juga banyak terjadi di kalangan anak-anak bahkan remaja yang sering tidak memikirkan waktu tidurnya hanya karena bermain gadget.

Padahal kurang tidur bisa membuat tubuh mereka menjadi lebih lelah dan lemas.

Berbeda dengan orang yang mengalami susah tidur, entah itu karena banyak pikiran atau karena kondisi tertentu lainnya. Pada kesempatan kali ini, kami juga akan memberikan tips untuk mendapatkan tidur nyenyak sehingga kalian bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Selalu ikuti dan turuti siklus tidur yang tubuh miliki, usahakanlah untuk tidak menundanya sehingga mendapatkan tidur yang tidak cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: